pernikahan

7 Kunci sukses membina rumah tangga bahagia

Diposting pada

Rumah tangga bahagia adalah keluarga atau pasangan yang mempunyai tujuan sama,mencapai kebahagiaan bersama. Selalu bisa menutupi kekurangan pasangan-nya,bukan menuntut apa yang tidak bisa di lakukan oleh pasangan.

Kunci sukses membina rumah tangga ada di antara pasangan seorang suami,dan seorang istri. Rumah tangga yang bahagia tidak bisa di bentuk atas pemikiran satu orang,melainkan pertukaran pendapat hingga melahirkan mufakat baik untuk keduanya.

Dalam kehidupan rumah tangga mustahil jika tidak ada sebuah perdebatan di dalamnya. Akan tetapi perdebatan harus di selesaikan,bukan di biarkan berlarut-larut hingga menimbulkan masalah baru yang tidak berkesudahan.

Apa yang harus di lakukan agar sukses membina rumah tangga?

1|Iman

Iman atau keyakinan adalah bentuk kasih sayang kecil yang tidak boleh terpisah dalam kehidupan kita. Orang yang mempunyai keyakinan teguh akan selalu kuat saat menemukan,cobaan dan ujian.

Sebagai makhluk yang paling sempurna tentu kita mengakui bahwa tuhan,melahirkan kita untuk kebaikan. Tuhan menciptakan kita untuk saling mencintai dan mengasihi terhadap sesama termasuk pasangan yang di pilih mendampingi hidup kita.

Kekuatan iman membantu kita menjadi orang yang mempunyai pendirian kuat,dan yakin dengan apa yang kita tentukan. Iman kepada tuhan berarti kita yakin bahwa pasangan yang di kirimnya adalah yang terbaik untuk hidup kita.

2|Tidak over protektif dengan pasangan

Pendamping hidup atau pasangan bukan barang atau robot yang bisa Anda atur sesuka hati Anda. Pasangan mempunyai kebebasan membuat keputusan dan menyampaikan pendapatnya.

Pasangan yang tidak harmonis di sebabkan salah satunya sikap pasangan yang terlalu over protektif. Pasangan merasa tidak nyaman jika selalu di atur oleh pasangan-nya. Cinta itu boleh tapi bukan berarti mengatur seenaknya tanpa memikirkan hati pasangan-nya.

Pasangan yang baik akan selalu mengerti walaupun tidak ada aturan yang di terapkan. Memberi kebebasan akan membuat pasangan kita merasa nyaman karena,pikiran merasa tidak terkekang dan terbebani oleh aturan yang memberatkan.

3|Jujur terhadap pasangan

Jujur terhadap pasangan adalah hal wajib jika ingin sukses membina rumah tangga. Dengan kejujuran akan melahirkan rasa cinta yang terus tumbuh,karena tidak ada benih kecurigaan.

Menjadi orang yang jujur tidak sulit,hanya kita mau memilih menjadi orang jujur atau sebaliknya. Orang yang tidak jujur selalu tergoda dengan sesuatu yang sifatnya besar tapi omong kosong. Sedangkan orang jujur walaupun mendapatkan sesuatu yang kecil,tapi jauh lebih bermakna di bandingkan dengan hasil besar tapi menjadi pembohong.

Kejujuran akan melahirkan kebaikan dan kebahagiaan,termasuk ketika Anda jujur terhadap pasangan Anda. Jujur-lah terhadap pasangan Anda,maka rumah tangga Anda akan bahagia.

4|Setia pada pasangan

Setia pada pasangan adalah bentuk konsisten mencintai pasangan hidup kita,tidak melakukan kecurangan walaupun ada kesempatan di belakang pasangan.

Menjadi orang yang setia penting karena kita juga akan merasakan hal yang sama,ketika di khianati oleh pasangan. Ketika kita memutuskan untuk membina rumah tangga berarti,kita siap untuk setia dengan pasangan.

5|Menerima dengan penuh syukur

Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha dan berupaya sebaik-baiknya. Namun terkadang,apa yang kita dapatkan tidak seperti apa yang kita inginkan. Menerima apa yang di berikan oleh tuhan adalah cara meredam dan luluh-kan hati kita dari rasa tidak puas atas apa yang kita dapatkan.

Setiap orang pasti punya kekurangan dalam dirinya,yang paling penting adalah kita harus punya jiwa besar sehingga bisa menerima pasangan dengan penuh rasa syukur.

Apapun kekurangan pasangan Anda,jangan pernah mencela atau menghina-nya. Di balik kekurangan pasangan pasti ada kelebihan untuk menutupi kekurangan Anda,itulah sebabnya tuhan jodoh-kan dia dengan Anda.

6|Pengertian

Ada saatnya seseorang merasa lelah,sedih dan tak berdaya. Sebagai pasangan tentu kita tahu dan bisa membaca suasana hati pasangan-nya. Pengertian terhadap pasangan penting untuk kita biasa-kan dalam kehidupan berumah tangga.

Kita ingin di mengerti namun kita tidak mau mengerti pasangan adalah contoh sederhana yang tidak baik untuk di terapkan. Pengertian adalah salah satu cara bagaimana membina rumah tangga yang bahagia.

7|Tidak membandingkan pasangan dengan orang lain

Pasangan bukan untuk di bandingkan dengan siapapun,karena setiap orang di lahirkan dengan karakter yang berbeda-beda. Jika di berikan pilihan;semua orang akan memilih menjadi orang sempurna segalanya,tapi tuhan sengaja memberikan kita kekurangan.

Mengapa setiap orang terlahir dengan sebuah kekurangan? Karena setiap orang di lahirkan untuk melengkapi satu dengan yang lain-nya agar menjadi sempurna.

Membandingkan pasangan kita dengan orang lain,tidak akan membuat rumah tangga harmonis dan bahagia malah sebaliknya. Pasangan akan sakit hati sehingga menyebabkan keretakan dan tidak sehatnya sebuah komunikasi antar pasangan.

Kesimpulan

Setiap orang pasti menginginkan rumah tangga yang harmonis dan memiliki cinta yang tidak pernah habis dari pasangan-nya. Kunci sebuah kebahagiaan ada pada diri kita sendiri,bukan di tentukan orang lain.

Membina rumah tangga layaknya berlayar di tengah lautan dalam,terkadang di terpa ombak besar-kadang pula di terpa angin dan badai. Rumah tangga akan bahagia apabila selalu ada rasa cinta,belajar dari sebuah kesalahan maka berikutnya kita mampu melewati rintangan selanjutnya.

Semoga [ 7 kunci sukses membina rumah tangga bahagia ] bisa menjadi inspirasi,agar Anda selalu mencintai keluarga. Semoga bermanfaat [ M.B.S ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *