Cara Sukses Mengelola Keuangan Dengan Baik Dan Benar

Diposting pada
Menurut anda mitos atau nyata, ”Bahwa semakin besar pendapatan maka akan semakin besar pula pengeluaran” stop!!! jangan ambil kesimpulan dulu, santai saja pelan pelan kita bahas dulu yukk, bagaimana cara sukses mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Dari kutipan di atas ada yang percaya dan tidak. menurut penelitian kami di lapangan dari 100 orang ternyata mempunyai jawaban yang berbeda beda, tetapi melalui jawaban mereka, kami kelompokan menjadi tiga  bagian yang terpenting, sebanyak 60 orang menjawab tidak percaya mitos di atas, dan sebanyak 30 orang percaya mitos itu benar, dan sisanya 10 orang mengaku tidak tahu, dan ragu dengan jawabannya.

Dan setelah  melakukan survei kami mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya, keuangan mampu kita kelola dengan baik asalkan kita tahu bagaimana mengelolanya. mana yang beresiko membuat kita susah dan mana yang mempunyai potensi membuat kita kaya, dan mempunyai kebebasan finansial dengan baik.

Berikut ini cara sukses mengelola keuangan dengan baik dan benar,

1 ). Membukukan Anggaran Bulanan,

Sebesar apapun pendapatan yang anda miliki, akan merasa tercekik di akhir bulan jika tidak mempunyai catatan atau pembukuan dengan baik. caranya adalah dengan cara menulis kebutuhan yang paling penting, dan hanya akan membeli kebutuhan tersebut jika benar benar membutuhkannya.

Contohnya hal sederhana membeli bahan bakar untuk kendaraan anda misalnya, belilah secukupnya jangan berlebihan, dengan begitu anda akan selalu berpikir jika sewaktu waktu bepergian menggunakan kendaraan anda, meminimalkan pemakaian akan otomatis mengurangi pembelanjaan.

2 ). Menghindari Pemakaian Kartu Kredit

Menuruti kemauan dan gaya hidup tidak akan membuat kita menjadi orang yang bebas finansial di masa yang akan datang, salah satunya adalah menggunakan kartu kredit, jika kita tidak mampu mengontrol pengeluaran dan cenderung suka berbelanja, bukan tidak mungkin gaji atau pendapatan dalam sebualan akan habis, atau bahkan bisa kurang untuk membayar tagihan kartu kredit yang kita pergunakan.

Tidak ada seorangpun yang mengatakan dan melarang penggunaan kartu kredit, tetapi sebelum kita menggunakannya kita harus tahu resikonya sejak awal. jika dengan alasan menggunakan kartu kredit karena malas membawa uang yang terlalu banyak, oke lahh kita bisa maklumi, tetapi jika anda menggunakan kartu kredit hanya untuk membesarkan gengsi anda, maka lupakan karena suatu saat anda akan menyesal karena tidak mampu mengontrol pengeluaran anda.

3 ). Menggunakan Transportasi Umum

Seiring canggihnya para penyedia jasa transportasi umum baik pemerintah maupun pihak swasta,. menggunakan sarana transportasi umum adalah pilihan yang baik untuk mengurangi pembelanjaan yang kita keluarkan setiap bulannya.

Selain daripada itu, dengan kita menggunakan transportasi umum, kita bisa sambil beristirahat tanpa harus mengemudi setelah lelah bekerja. dan manfaat yang akan anda dapatkan paling besar adalah keuangan anda akan lebih efisien bila di bandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Tidak ada salahnya menggunakan kendaraan pribadi, tetapi kita harus ingat jika kita masih mempunyai keuangan yang belum  benar benar mapan. dalam artian kita harus jujur pada diri sendiri tidak perlu di tunjukan kepada orang lain. orang lain hanya akan memandang kita dari luar hanya sekilas saja, tanpa mereka tahu apa permasalahan kita,

4 ). Mempunyai Investasi

Banyak sekali pilihan produk investasi yang dapat kita beli, seperti membeli produk reksadana, properti, perkebunan, atau obligasi. investasi adalah sarana mengembangkan masa depan yang lebih baik dengan cara berinvestasi sesuai kemampuan yang kita miliki.

Mulailah berinvestasi pada produk yang sesuai dangan pengetahuan kita, dan pilihlah produk yang mempunyai resiko yang terendah, dengan begitu setelah anda berinvestasi tidak perlu mengkhawatirkan apa yang telah di investasikan.

Jika anda telah mempunyai investasi yang baik, maka keuangan anda akan baik, begitu juga sebaliknya, jika kita semasa bekerja tidak mampu mengalokasikan sebagian untuk investasi maka jangan berharap suatu saat kehidupan kita akan lebih baik.

5 ). Memberi (Bersedekah)

Memberi tidak akan membuat kita jatuh miskin atau kesusahan di kemudian hari, tetapi memberi akan mendatangkan manfaat yang berlimpah kepada diri kita. memberi itu hebat, memberi itu adalah berbagi dari apa yang telah tuhan berikan kepada kita, banyak hal dan manfaat jika kita mampu memberikan manfaat kepada orang lain.

Jika kita sebagai pekerja, tentu bos kita yang memberikan pekerjaan dan upah kepada kita bukan, atau kita menjadi pengusaha sekalipun, sebenarnya sama sama memberikan manfaat, kita mampu membuat produk, dan pasar atau konsumenlah yang membantu dan memakai produk kita. itulah pentinganya memberi atau bersedekah. sedekah itu indah karena kita mampu memberi manfaat bagi penerimanya, teruslah bersedekah maka keuanganmua tidak akan pernah susah.

6 ). Tentukan Target Yang Jelas

Lagi lagi target adalah sesuatu yang sangat penting dalam hal apapun, karena mempunyai tujuan tetapi tidak mempunyai target maka hasilnya akan kosong. Jika kita ingin sukses dalam keuangan di masa yang akan datang tentukan target dengan jelas. misalkan sekarang anda berusia 25tahun maka anda harus punya target 10 tahun kedepan yaitu 35tahun, harus mempunyai rumah, mobil, investasi saham. maka dengan begitu anda lebih bersemangat untuk mengumpulkan uang, dan belajar bagaimana mengelola keuangan dengan baik.

Uang bukanlah jaminan untuk kebahagiaan, tetapi dengan uang pasti kita bisa lebih bahagia di bandingkan orang orang yang kesulitan keuangannya. sebesar apapun penghasilan kita tidak akan pernah cukup jika hanya untuk sebuah kebutuhan. perlu ada cara yang tepat agar keuangan kita mampu di kendalikan, menjadikannya terus bertumbuh,dan terus bertumbuh.