keluarga-dengan-dua_anak

Kenapa Keluarga Tidak Bahagia?Kenali Sebelum Anda Menyesalinya

Diposting pada

Kenapa anda dan keluarga tidak bahagia? Sekarang anda sadar atau tidak,apa yang sedang anda alami saat ini. Untuk mencapai keluarga yang harmonis,terkadang kita tidak mudah untuk membangun-nya.

Banyak faktor yang menyebabkan, kehidupan rumah tangga tidak harmonis,bisa di sebabkan oleh diri kita,pasangan kita,atau lingkungan di sekitar keluarga kita.

Harmonis” sebuah kata yang sangat indah di ucapkan,dan di dengarkan tapi,sangat susah di capai oleh banyak pasangan.

Keluarga bukan hanya sebuah ikatan antara suami,istri dan anak-anak,namun harus selalu ada cinta di dalamnya,sehingga saat kita mendapati sebuah aral rintangan rumah tangga,kita dan pasangan sanggup untuk melaluinya.

Kenapa rumah tangga  dan keluarga tidak bahagia? Karena,dalam diri kita hanya ada emosi,dan egoisme. Keduanya tidak mau saling mengerti dan hanya mementingkan diri masing-masing. Keluarga yang tidak bahagia biasanya akan berakhir di tengah perjalanan (bubar). Di bawah ini ada beberapa faktor yang menyebabkan,kehidupan anda dan pasangan tidak bahagia mari kita renungkan baik-baik agar kita semakin menyayangi keluarga kita;

Penyebab kenapa ‘keluarga yang anda bina tidak bahagia

#1.Tidak bisa memberi cinta yang ikhlas terhadap pasangan

Saat kita mencintai seseorang,tentu kita lebih dulu mengenal siapa calon pasangan hidup kita. Tidak mungkin kita tiba-tiba menikah tanpa tahu asal usul pasangan kita,kecuali pada zaman nenak moyang kita,atau yang sering kita sebut ”Zaman Siti Nurbaya. Padahal kita sendiri tidak tahu zaman-nya siti nurbaya itu seperti apa, What ever lah tentang siti nurbaya.

Intinya di zaman modern seperti sekarang tidak ada,orang tua yang menentukan pasangan hidup kita,kalau adapun kurang dari 1% di seluruh dunia,yang mau menikah dengan pilihan orang tua. Memilih pasangan hidup,bukan seperti melempar pukat ke air yang keruh,tapi kita juga harus tahu pilihan yang mana,tepat untuk menjadi pendamping hidup kita.

Kenapa anda tidak bisa mencintai pasangan anda dengan ikhlas? Tentu anda tahu alasan-nya bukan? Jika dari awal anda tidak mencintai pasangan anda,mengapa anda memutuskan untuk menikah? Apakah karena terpaksa,terdesak oleh suatu hal atau hal lain yang menyebabkan anda memutuskan untuk menikah.

Dalam agama manapun,menikah adalah sesuatu yang sangat indah. Pernikahan adalah mempersatukan kedua manusia,yang mempunyai hati dan saling mencintai,di kukuhkan oleh tali pernikahan. 

Jika saat ini anda ingin memutuskan untuk menikah tapi tak punya cinta yang ikhlas untuk pasangan anda,sebaiknya jangan anda lakukan karena akan menyakiti pasangan anda,dan juga akan menyiksa batin anda sendiri. Cintai pasangan anda,sama seperti anda mencintai tubuh anda sendiri,atau jangan lakukan jika anda belum benar-benar menemukan apa yang anda inginkan.

#2.Pura-pura cinta terhadap pasangan karena itu akan menyiksa

Saat seseorang memutuskan untuk mengarungi bahtera rumah tangga,tentu bukan hanya di pikirkan dengan waktu satu malam saja. Ketika menikah akan melewati jalan yang sangat panjang,di mana akan selalu ada ujian-ujian tak terduga,yang memaksa kita untuk belajar bagaimana untuk bersabar.

Membina rumah tangga tidak bisa dengan cinta yang pura-pura,karena akan membuat hidup kita menjadi berantakan,dan akan menyakiti hati pasangan kita. Jika cinta katakanlah cinta,jika tidak jangan pernah memberi harapan kepada orang lain.

Tiada sakit yang lebih sakit daripada sakit hati karena di khianati,tidak terlihat ada bekas luka namun sakitnya membekas di dasar dada. Jangan pernah menyakiti pasangan anda dengan cinta yang pura-pura.

#3.Tidak pernah bersyukur dengan apa yang tuhan berikan

Bersyukur adalah cara paling sederhana,dan cara berterima kasih atas nikmat yang tuhan berikan.bersyukur juga salah satu cara mendekatkan diri kepada tuhan. Tuhan menciptakan manusia sedemikian rupa,agar mampu bermanfaat untuk segala makhluk di dunia termasuk kepada sesama umat manusianya.

Orang yang tidak pernah bersyukur,selalu merasa kurang segalanya,tidak cukup dengan apa yang tuhan berikan dan selalu membandingkan dengan yang lain-nya. Begitu juga saat kita tidak bersyukur,dengan pasangan kita,kita akan merasa tidak bahagia,dan selalu menganggap orang lain lebih baik dari pasangan kita.

Tuhan selalu memberikan yang terbaik untuk kita,jangan pernah menganggap pasangan kita lebih buruk dari orang lain,karena kita juga sebaliknya akan di anggap buruk oleh pasangan kita. Menerima pasangan dengan penuh syukur,dan rasa cinta akan membuat kita hidup bahagia.

Sebaik-baiknya pasangan adalah pasangan yang selalu bisa membanggakan pasangannya,bukan membicarakan di belakang,atau mencancinya saat melakukan kesalahan, Kita harus ingat bahwa tuhan sengaja memberikan satu pasangan untuk saling membantu sama lain,bukan untuk menyakiti atau hanya di jadikan objek perbandingan.

Bersyukurlah anda yang mempunyai pasangan,dan mempunyai kesempatan membina keluarga,percayalah hidup anda akan terasa hampa jika tidak mempunyai keluarga.

#4.Tamak dan serakah membuat hidup kita tidak bahagia

Setiap orang pasti mempunyai tujuan dan misi dalam hidupnya tapi,bukan berarti harus menjadi orang yang tamak dan selalu ingin menyingkirkan orang lain,untuk kepentingan pribadi. Tamak atau iri dengki adalah penyakit hati yang akan merusak hidup kita,dan akan mendatangkan kebencian terhadap diri kita.

Orang yang tamak akan selalu merasa terbakar hatinya,saat melihat orang lain berhasil dan sukses,merasa tersaingi hingga tidak terima bila orang lain melebihi dirinya. Saat kita mampu bersyukur dengan apa yang kita punya,kita akan bahagia,ketika kita bisa menerima hasil dari kerja keras kita dengan penuh lapang dada,maka kita tidak akan menjadi orang yang tamak dan serakah.

Kenapa hidup kita selalu merasa tidak bahagia? Salah satunya karena kita tamak,selalu kurang dengan apa yang kita miliki,dan tidak pernah bersyukur dengan apa yang kita punyai.

#5.Tidak peduli terhadap pasangan

Kapan anda memuji pasangan anda tampan,atau mungkin memuji istri anda yang cantik nan rupawan? Saya yakin sudah sangat jarang sekali,atau bahkan tidak pernah sama sekali,itulah yang menyebabkan kehidupan bersama pasangan anda tidak bahagia.

Siapapun pasti suka dengan pujian,terlebih pujian itu di berikan oleh orang paling dekat dan berharga dalam hidup anda yaitu pasangan. Memuji pasangan adalah salah satu cara yang bisa membuat pasangan kita bahagia.

Pujian adalah bentuk cinta kecil,yang harus selalu kita tanamkan dalam diri kita,untuk membangun cinta yang kuat dan berkelanjutan di perlukan cinta yang penuh dengan kombinasi,agar kehidupan yang kita lalui tidak terasa membosankan. Pasangan akan merasa bosan ketika tidak ada yang peduli lagi,dengan penampilan pasangan-nya.

#6.Selalu menuntut tetapi susah untuk mengakui dan menerima

Tidak jarang pasangan bertengkar hanya karena masalah yang sederhana,dan tidak beralasan apapun,tapi terkadang karena keduanya saling keras kepala maka pertengkaran kecil akan menjadi besar,

Siapapun pasti menginginkan sebuah kesempurnaan,tapi kita juga harus sadar bahwa tidak ada orang yang terlahir dengan kesempurnaan,yang ada adalah setiap orang tercipta dengan sebuah kekurangan. Jika kita merasa tidak sempurna,lalu mengapa kita menginginkan yang sempurna, mungkinkah? Jawaban-nya hampir tidak mungkin.

Kenapa keluarga anda tidak harmonis dan bahagia? Karena anda selalu menuntut pasangan,dengan segala keinginan tapi tidak pernah mau mengakui,dan menerima apa yang di berikan oleh pasangan. Pasangan manapun akan selalu memberikan yang terbaik,untuk pasangan-nya,tidak akan ada pasangan yang dengan sengaja melakukan kesalahan,tapi sering kali tidak di pahami oleh pasangan.

Menerima dan mengakui hasil dari perjuangan akan membuat kita,dan pasangan bahagia,karena pasangan akan merasa sangat di hargai ketika di ada orang yang memujinya,terlebih pasangan-nya sendiri.

#7.Memaksakan kehendak tanpa memahami isi hati pasangan

Segala sesuatu yang di lakukan dengan cara terpaksa pasti hasilnya tidak akan baik,begitu juga saat anda memutuskan sesuatu tetapi pasangan anda tidak setuju,sebaiknya anda jangan lakukan. Memaksa pasangan untuk setuju,dengan apa yang kita putuskan,hanya akan merusak hubungan anda kenapa?

Saat anda memaksa suatu hal,pasangan anda merasa kecil hati dan tak di anggap keberadaan-nya.seolah tidak berarti apa-apa,dan tidak berhak untuk menolak dan memberikan pendapat. Pasangan yang bahagia,akan selalu komunikasi saat akan memutuskan sesuatu,baik sesuatu yang besar maupun yang kecil.

Jangan pernah memaksa pasangan,yang sebenarnya dia belum tentu setuju dengan apa yang anda inginkan.

Kesimpulan

Banyak faktor yang membuat keluarga tidak bahagia,diantaranya tujuh penyebab yang saya tulis untuk anda. semoga dengan apa yang saya tulis menjadi pengingat agar kita selalu menghargai pasangan kita.

Pasangan adalah manusia terbaik yang di titipkan  oleh tuhan kepada kita,agar kita saling mengasihi,saling menghargai,saling menyayangi dan saling peduli satu sama lain. Bahagia itu kita yang ciptakan bersama pasangan bukan orang lain. Setiap perjalanan hidup pasti ada rintangan yang harus kita hadapi,bukan berlari atau menghindarinya.

Untuk membina keluarga yang bahagia,di perlukan cinta yang selalu ada di dalam suka maupun duka,bukan menyalahkan saat pasangan salah,tapi datang saat membawa kegembiraan.Keluarga adalah sebuah induk sebuah rumah tangga,saat salah satunya tidak lagi sejalan searah,itu berarti ada yang salah yang harus segera kita perbaiki.

Tidak mudah untuk membina rumah tangga yang bahagia,dan akan lebih susah lagi jika kita selalu berfikir kebelakang untuk memulai sebuah hubungan baru.susah bukan berrati tidak bisa kita lakukan,tapi kita mamang seharausnya berusaha dengan keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Jangan pernah mengorbankan keluarga untuk apapun,terlebih untuk hal yang berkaitan dengan uang,karena uang bukan jaminan untuk kebahagiaan. antara uang dan kebahagiaan hanya berbeda tipis,dan kebahagiaan tidak bisa di beli dengan sebuah nilai.

Ilustrasi image by-pixabay

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *