ilustrasi_wanita-percaya-diri

8 Motivasi membangun masa depan dan keuangan yang baik

Diposting pada

Banyak cara untuk mencapai kemaslahatan dalam hidup. Lalu bagaimana motivasi membangun masa depan yang lebih baik? Selama ini banyak orang lena dengan masa mudanya hingga lupa memikirkan bagaimana masa depan berikutnya yaitu masa tua.

Setiap orang telah di lahirkan dengan kemampuan yang unik baik dari kekurangan atau kelebihan-nya. Di zaman modern seperti sekarang kebanyakan orang terbuai dengan gaya hidup yang berlebihan. Dan yang paling menyedihkan masa depan mereka hancur karena tidak memikirkan resiko jangka panjangnya.

Jika hidupmu hanya untuk mengejar kepuasan hanya untuk di anggap dan di per-lihat-kan kepada orang lain,maka tunggu saja apa yang anda lakukan hanya sia-sia belaka

Sebagai manusia normal tentu kita menginginkan yang terbaik di antara yang terbaik,namun hidup ini pada dasarnya bukan hari ini atau besok saja.

Sebagai manusia yang bertanggung jawab atas dirinya sendiri,kita juga harus memikirkan bagaimana menghadapi masa depan berikutnya,termasuk keluarga ekonomi dan masalah lainnya.

Dalam tulisan ini saya ingin berbagi dan belajar bersama anda motivasi membangun masa depan yang lebih baik,bukan sempurna tapi dua langkah lebih maju dari sekarang.

8 Tips motivasi membangun masa depan dan keuangan

1.Investasi ilmu pengetahuan

Bagi saya ilmu adalah investasi terbesar setelah keuangan. Dengan kita belajar ilmu pengetahuan,kita akan tahu luasnya dunia dan beragam isinya. Menurut saya” orang sukses bukan hanya di nilai dari keungan-nya saja tapi dari pengetahuan-nya.

Banyak uang jika tidak mau belajar maka uang akan habis sia-sia dan tidak berguna. Bagi orang yang berilmu uang akan datang dengan sendiri-nya seiring dengan pemikiran yang di tuangkan-nya menjadi sebuah karya.

Orang berilmu tidak akan kesusahan hidupnya tapi,orang yang mempunyai banyak uang akan hancur ketika tidak mempunyai ilmu mengelolanya. Di bawah ini ada beberapa ilmu yang bisa menjadi pedoman dan motivasi membangun masa depan kita semua.

  • Ilmu kehidupan yaitu ilmu yang menjelaskan bagaimana ber-kehidupan yang baik. Contoh ilmu kehidupan ”ilmu agama dan adab sopan santun. Adab sopan santun berguna untuk mendidik kita agar tidak menjadi orang yang sombong
  • Ilmu keuangan yakni ilmu sebuah hitung-hitungan sebuah angka ketika kita menjadi dewasa agar kita mampu mengelola keuangan dengan baik dan bermanfaat
  • Ilmu sosial adalah ilmu yang menjadikan kita siap menerima dan beradaptasi dengan perubahan jaman,bernegara yang baik atau menjadi orang yang disiplin hukum di dalam negaranya

2.Beragama

Setiap orang pasti memiliki alasan yang berbeda ketika memilih sebuah keyakinan atau beragama. Di mata tuhan semua agama sama baiknya,tidak ada perbandingan antara agama satu dengan agama lain-nya.

Mengapa kita harus beragama? Karena ketika kita meyakini sebuah kepercayaan atau agama secara langsung kita mengakui adanya kebesaran tuhan. Orang beragama akan mudah lembut hatinya bila di bandingkan dengan orang yang tidak mempunyai keyakinan.

Mencari pasangan sebaiknya juga pilihlah orang yang beragama,dengan begitu akan bisa saling mengasihi antar pasangan-nya. Orang yang beragama atau religius akan tenang dalam menghadapi masalahnya,hubungan manusia dengan tuhan yang dekat akan memberikan cinta yang besar untuk orang di sekelilingnya.

3.Tetap menjadi orang yang sederhana

Siapapun tidak suka dengan orang yang berlebihan. Berlebihan adalah sifat kesombongan yang terlahir dari hati yang salah. Orang yang sombong akan suka berlebihan dan suka bila di puji oleh orang lain.

Menjadi orang yang sederhana salah satu motivasi membangun masa depan anda. Orang yang mempunyai sifat sederhana akan mudah tenang dan merasa bahagia hidupnya bila di bandingkan dengan orang sombong dan berlebihan.

Berlebihan hanya akan membuang sesuatu dan tidak ada manfaat yang ada hanya kepuasan sementara karena mendapat pujian dari orang lain.

4.Bersyukur

Bersyukur adalah salah satu sifat terpuji dan berterima kasih terhadap adanya tuhan. Coba anda ingat dan lihat betapa agungnya dunia ini dengan kenikmatan yang tak terkira.

Tuhan telah memberikan kita semuanya namun kita sering sekali menyalahkan-nya dan selalu merasa kurang dengan apa yang tuhan berikan. Bersyukur akan membuat kita tenang dan damai saat menikmati segala yang tuhan berikan.

5.Menghargai waktu

Menghargai waktu dan disiplin harus kita latih dari sekarang. Kita tidak pernah tahu berapa lama di berikan waktu singgah di dunia ini.Belajar dan melatih disiplin membuat kita selalu waspada.

Kesempatan dan kegagalan sangat dekat hubungan-nya dengan disiplin yaitu waktu.Kita tidak tahu kapan kesempatan terbaik akan datang.Kita hanya bisa berusaha tapi tidak bisa menentukan sebuah keberuntungan.

6.Selalu bekerja keras

Orang yang mempunyai mental pekerja keras akan mudah mendapatkan kesuksesan bila di bandingkan dengan orang pemalas.Tidak ada hasil yang kita hasilkan hanya kita dengan bermalas-malasan.

Mimpi harus di kejar bukan di tunggu layaknya hujan yang turun dari langit.Sukses tidak datang dengan tiba-tiba tapi harus ada upaya dan kerja keras.

7.Belajar dari sebuah kesalahan/kegagalan

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan atau mendapatkan kegagalan. Belajar dari sebuah kesalahan adalah salah satu motivasi membangun masa depan anda.

Kesalahan tidak akan datang dua kali jika anda mau memperbaikinya.Gagal bukan berarti anda tidak bisa melainkan anda belum maksimal sehingga melakukan kesalahan.

Kegagalan adalah guru untuk mencapai sebuah kesuksesan. Dengan kegagalan seseorang akan lebih berhati-hati ketika menentukan sebuah langkah dalam hidupnya

8.Menetapkan tujuan yang jelas

Menetapkan sebuah tujuan adalah kunci untuk anda mencapai kesuksesan. Tanpa tujuan yang jelas maka hidup anda akan berantakan dan waktu akan terbuang sia-sia.

Orang yang mempunyai tujuan yang jelas akan bekerja penuh semangat untuk mencapai tujuan-nya.Sedangkan orang yang tidak mempunyai tujuan akan mudah putus asa,dan lebih banyak mengeluh daripada mengejar impiannya.

Penutup

Demikian delapan motivasi membangun masa depan yang bisa saya bagikan kepada anda. Semoga menjadi berkah dan menjadi penyemangat baru untuk anda yang belum siap membangun dan menata masa depan.

4 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *