Pilihan Investasi Untuk Masa Depan Dan Masa Pensiun

Diposting pada

  

image by pixabay

Semua orang pasti meng-inginkan masa depan yang baik, dan mempunyai investasi untuk menunjang hari tuanya, tidak terkecuali anda dan saya.

Dan pertanyaan nya adalah apakah kita sudah menyiapkan-nya? atau jangan-jangan kita masih sibuk membuang penghasilan hanya untuk mengikuti gaya hidup, dan bergaya seolah-olah kita terlihat bagian dari orang-orang yang mempunyai banyak uang atau kita sebut orang kaya.
Sebagai manusia biasa kita tidak pernah tahu, kapan akan sakit, kapan akan meninggalkan dunia ini. kita hanya tahu bagaimana caranya agar hidup ini tetap berlangsung sebagaimana yang kita inginkan. terkadang kita menjadi orang yang baik, dan terkadang kita sadar atau tidak menjadi orang yang serakah tanpa mem-perdulikan orang lain.
  Pilihan investasi masa depan, dan masa pensiun sangat banyak di tawarkan, baik oleh bank penyelenggara negara maupun dari pihak swasta yang mempunyai tujuan yang sama. yaitu melindungi konsumen-nya dari inflasi dan menunjang untuk hari tua.
Fungsi mengapa pentingnya untuk berinvestasi lainnya adalah sejatinya kita tidak akan mampu terus menerus bekerja, namun kehidupan harus tetap berlangsung seiring dengan bertambahnya usia seseorang. setiap dari kita tentu mempunyai kebutuhan yang beragam, namun kita berhak mendapatkan kehidupan yang layak dan bahagia di usia tua nanti.
1 . Properti ( rumah tinggal )

Tempat tinggal adalah sarana penting untuk menunjang kebahagiaan hidup sebuah keluarga, akan membuat rasa nyaman jika telah mempunyai tempat tinggal sendiri. bayangkan betapa pusing-nya anda jika tiap bulan harus memikirkan uang untuk membayar tempat yang kita tinggali. 
Mulailah sejak dini memikirkan tempat tinggal yang nyaman untuk keluarga kecil anda. jika bukan anda sendiri yang memikirkan siapa lagi? orang lain saudara anda juga mempunyai kehidupan masing-masing, dan mereka juga mempunyai cara tersendiri untuk menyiapkan masa depannya.
Orang lain hanya mampu membantu atas apa yang ia berikan, dan kita tidak berhak memaksa atas apa yang kita kehendaki. kita punya mimpi mereka juga mempunyai mimpi. sebagai orang yang normal jangan terlalu mengharap pemberian, atau bantuan orang lain, tetapi mencobalah agar kita mampu untuk belajar memberi kepada orang lain.

2 . Saving ( Tabungan Berkala )
Sejak masih bersekolah di bangku dasar kita telah di perkenalkan sistem untuk mengeloala keuangan salah satunya melalui tabungan, atau menyimpan sebagian uang kita agar suatu saat bisa di manfaatkan di kemudian hari. jangan pernah menganggap remeh jika kita tidak pernah tahu manfaat dari menabung. karena dari nilai yang paling kecil sekalipun jika kita konsisten akan membuat nilai itu besar dengan sendirinya.
Dan seiring perkembangan ilmu keuangan modern saat ini. uang telah di kelola oleh lembaga terpercaya seperti Bank,dan lembaga penyimpanan uang lainnya. yaitu bisa berupa tabungan biasa maupun dengan sistem simpanan Deposito. melalui sistem yang kurang lebih sama, baik deposito maupun simpanan biasa, kita sebagai pihak ke dua bisa menyimpan uang secara berkala, sesuai keuangan yang ada.
Meskipun tabungan biasa dan tabungan deposito mempunyai keuntungan yang minimum tetapi setidaknya, kita akan mempunyai simpanan atau tabungan untuk hari tua dan masa berikutnya setelah kita tidak lagi mampu bekerja. pilihannya hanya satu, jika kita enggan susah di kemudian hari maka siapkanlah dan mulailah menyisihkan sebagian untuk di tabungkan.
3 . Asuransi ( Perlindungan )
Asuransi adalah bukan lagi hal baru untuk di perdebatkan karena, pada saat ini sebuah perlindungan asuransi sangat di butuhkan untuk menunjang kelangsungan hidup seseorang. baik asuransi ketenaga-kerjaan maupun asuransi jiwa .
Asuransi ketenaga-kerjaan fungsinya untuk melidungi pekerja, saat terjadi hal-hal yang tidak di inginkan saat menjalankan pekerjaan-nya.
Asuransi jiwa adalah untuk memberikan jaminan pada keluarga yang di tinggalkan, baik itu   berupa santunan atau biaya pendidikan misalnya, untuk membiayai masa pendidikan anak-anak yang di tinggalkan pewaris untuk ahli warisnya.
Walaupun asuransi bukanlah sebuah kebutuhan, namun akan sangat berguna jika kita mempunyai nya, pada saat tua nanti masing-masing akan membutuhkan banyak sekali uang untuk menunjang kelangsungan hidup sebuah keluarga, berasuransilah untuk cadangan keuangan keluarga anda tercinta.
Asuransi bukan berbicara soal kematian seseorang tetapi lebih peduli akan sebuah kehidupan setiap orang yang mempercayakan keuangan untuk masa depanya. menjadi lebih baik dan mempunyai rasa aman tidak perlu risau dengan keuangan di kemudian hari.
4 . Investasi Emas ANTAM/ UANG ASING

Bagi kaum hawa emas adalah barang indah yang harus di miliki, dan bagi kaum adam juga termasuk sarana untuk mengalokasikan sebagian uangnya. cara ini banyak di pakai oleh banyak kalangan untuk menyiapkan masa depan dan masa tuanya. meskipun tidak begitu banyak menguntungkan seperti layaknya investasi obligasi dan lainnya namun menyimpan dan membeli emas banyak di lakukan.
Walaupun emas tidak menjadi primadona bagi semua orang namun mengandung nilai positif bagi banyak orang. selain mudahnya menukarkan emas dengan uang, emas mampu di simpan di rumah sendiri,jadi saat kita membutuhkan pada saat itu juga bisa kita gunakan.
5 . Investasi Reksadana
Jika kita mempunyai banyak uang kita tidak akan susah bagaimana mengelolanya, tetapi jika kita tidak mempunyai uang maka kita akan kesulitan mengelola masa depan kita sendiri. reksadana adalah sarana dan wadah yang tepat untuk merencanakan masa depan dan hari tua anda.
Bisa berupa produk obligasi maupun produk reksadana lainya seperti pasar modal, saham dan pasar uang. saat ini produk reksadana sangat mudah untuk kita membelinya mulai $10 saja perbulanya kita bisa mulai merencanakan masa depan dan keuangan kita.
Masa tua adalah saatnya kita menikmati lelahnya perjuangan hidup yang kita jalani. menjalani proses dari waktu demi waktu maka kita berhak menikmatinya. masa tua adalah saatnya hidup lebih bahagia tanpa harus memeras keringat dan tenaga untuk sebuah nilai. 
dan untuk mencapai kehidupan sejahtera di hari tua maka sebaiknya mempersiapkan di masa muda.
Masa muda adalah saatnya berlomba untuk menyiapkan masa depan yang tertata,. bukan hanya untuk berfoya-foya dan hura-hura. kita harus ingat bahwa suatu saat kita akan menjadi orang yang tua. tidak lagi mampu bekerja, dan tidak lagi sekuat dan mempunyai tenaga yang kuat saat masih muda.
Kita di berikan kesempatan hidup hanya satu kali. lelah, putus asa, sedih, menderita, sakit, adalah sebuah proses yang harus kita lewati untuk sukses dan bahagia. masa muda hanya kita dapatkan di awal perjuangan, dan kemudian kita menikmati di sebuah akhiran yaitu sisa umur di mana kita akan menjadi orang tua bagi anak dan cucu kita.

Kita akan menyesal jika kita hanya mementingkan kesenangan sesaat, kemudian masih ada jalan panjang yang akan kita lalui di masa yang akan datang. tua itu pasti dan bukan pilihan namun kita harus siap menerima keadaan alam yang telah tuhan berikan.  kita bisa menutup sebagian muka saat kita malu, tetapi kita tidak akan mampu menyembunyikan hati saat mempunyai kekurangan.

Susah, sedih, senang kita yang menjalani dan merasakan. tidak perlu bersandiwara untuk orang lain, cukup menjadi apa yang ada pada diri kita sendiri. saat kita senang mungkin banyak yang akan mendampingi dan memuji diri kita. tetapi saat kita sedih dan gagal belum tentu ada teman setia yang mau berbagi kesedihan bersama-sama.

Sukses dan bahagia adalah hak setiap orang, namun terkadang kita lalai untuk mengejar dan memperjuangkan-nya. kita menjadi pecundang karena menjadi orang yang terus menerus menyerah, mengeluh, menyalahkan orang lain atas ketidakmampuan yang kita lakukan. mimpi selalu ada di setiap orang namun seringkali tergerus oleh keadaan sehingga kita gagal mengejar mimpi itu sendiri.