Teknik Penjualan Produk Menggunakan Instagram Marketing

Diposting pada

  

Di era Digitalisasi, media elektronik adalah tempat yang sangat cocok untuk memasarkan produk. baik itu produk fisik maupun produk nonfisik.

Yang di maksud produk fisik biasanya adalah berupa barang yang kasat mata dan jelas bentuknya, seperti pakaian, sepatu, tas, smartphone, dan banyak lagi jenis jenisnya.
adapun, barang nonfisik  biasanya berupa produk investasi, produk layanan tour and travel, umroh, haji, dan wisata rohani lainanya. atau yang sekarang banyak kita temui adalah produk berupa Ebook dan sejenisnya.
  ”Banyak orang bilang, sekarang hidup semuanya serba mudah ibarat dunia ada di genggaman tangan kita. dengan Smartphone kita bisa melihat jauhnya dunia, dan bahkan sebelumnya kita tidak pernah mengetahuinya. dengan perangkat pintar seperti smartphone. kita bisa melakukan transaksi, baik menjual barang maupun membeli barang kepada orang lain yang kita kenal melalui internet.
Saya rasa tidak perlu lagi harus panjang lebar menjelaskan kegunaan smartphone pada umumnya. toh semua orang hampir 95% menggunakan smartphone. dan mari kita mulai bahas judul artikel ini yaitu, ”Kiat menjual produk menggunakan Instagram marketing” dan bagai mana memaksimalkannya.
  • Image Yang Menarik 
Selain mempunyai nilai yang tinggi pada sebuah produk, tampilan sebuah produk perlu di perhatikan untuk mendongrak, dan meningkatkan daya jual. mengapa, karena semakin kreatif kita menampilkan visual yang menarik kepada konsumen, akan terasa mudah menyerap dan mengalihkan pandangan mereka pada produk yang kita tawarkan.
Image yang menarik akan lebih menggambarkan produk yang kita tawarkan, bila di bandingkan dengan produk yang asal asalan walaupun produk itu sendiri bagus tetapi tidak bisa tergambarkan secara visual dengan baik maka produk itu saya jamin akan segera tenggelam, dengan sendirinya.
Instagram sangat memfokuskan pada tampilan gambar, dan jika anda ingin menjual produk dan menggunakan instagram marketing, maka image harus di perhatikan. semakin anda memposting produk dan gambar di instagram dengan baik maka peluang besar akan anda dapatkan, tetapi jika hanya asal asalan maka lihatlah sendiri hasilnya.
Belajarlah memotret objek dengan benar agar hasilnya bisa maksimal. terlebih lagi jika anda mempunyai kamera sendiri akan lebih baik, karena hasil foto smartphone dan kamera sangat jauh berbeda. gunakan kamera jika anda sudah fokus menjual produk melalui intagram atau media sosial lainnya.
  • Memahami Copywriting
 Menggunakan bahasa yang mudah di pahami adalah salah satu strategi memasarkan produk melalui jaringan media sosial. menulis bahasa yang teratur lebih di sukai calon konsumen daripada menggunakan bahasa daerah yang hanya beberapa kelompok yang memahaminya. itulah pentingnya memahami copywriting. 
Menjual produk melalui media sosial harus mempunyai narasi kata yang jelas, bisa menggunakan HardSale atau SoftSale, keduanya sama-sama mempunyai goal pada penjualan.
HardSale bukan berarti berkata kasar atau mengandung kekerasan tetapi dalam istilah penjualan. jika anda menggunakan cara ini berarti anda menawarkan produk dengan to the point, tanpa dengan basa basi dengan calon konsumen 
lalu SoftSale, adalah kebalikannya dari HardSale. cara ini lebih di sukai oleh calon konsumen karena di anggap telah memberikan informasi yang di perlukan. tanpa mengurangi kepercayaan calon konsumen . namun kembali lagi pada calon konsumen kita, karena semua orang mempunyai kepribadian yang berbeda beda, ada yang menyukai kelembutan dan juga sebaliknya tanpa harus berlama lama membaca panjang lebar intinya pada produk.

Baik SoftSale maupun HardSale sama-sama harus menguasai copy writing, agar pesan yang kita sampaikan pada pembaca mampu di pahami dengan baik. silahkan pelajari bagaimana untuk belajar copywriting yang benar agar, apa yang kita tulis di media sosial sangat ramah bagi pembacanya.

  • Time To Post ( waktu yang tepat membuat postingan )
Meski dalam sehari ada waktu 24 jam namun tidak semua waktu bisa gunakan untuk membuat postingan pada instastory kita. ada waktu-waktu yang tidak perlu kita gunakan meng-post pada beranda instagram kita. karena akan sia sia dan tidak akan bisa mendatangkan calon konsumen yang akan membeli produk kita.
 Adapun waktu yang baik untuk membuat postingan antara jam 10.00pagi sampai jam  12.00 siang, karena jika kita terlalu pagi meng-post postingan kita, tidak akan ada orang yang melihat, sekalipun ada tidak akan bisa fokus karena waktu yang terlalu pagi biasanya bertabrakan dengan aktifitas rutinan, seperti pekerjaan deadline, oleh karena itu mood untuk belanja online sangat sedikit sekali.
Dan pada malam hari biasanya pada jam 18.00 sampai jam 20.30 malam. pada jam ini biasanya banyak sekali waktu bagi seorang pekerja atau yang gemar belanja online. membrowsing internet tak terkecuali media sosial seperti instagram.

Kenali dan amati, waktu yang tepat untuk membuat postingan agar kerja keras kita tidak menjadi sia sia, dan akan mengundang konsumen dan melakukan First Order or Repeat Order.

Baca Juga; Mindset Orang Sukses

  • Modal
Banyak orang mengatakan di zaman sekarang usaha atau berbisnis tidak perlu modal, itu semua omong kosong bahwa semua usaha tetap membutuhkan modal untuk beroperasai. hanya nilainya yang relatif, dan tidak ada nilai minimum jika kita benar-benar ingin memulai usaha atau bisnis online.
Setidaknya kita punya uang untuk mengakses internet, baik itu prabayar maupun pascabayar. dengan kita memulai bisnis sebagai dropshiper pun setidaknya kita harus mempunyai modal untuk pre- order berikutnya ketika konsumen membeli kepada kita bukan?
Jadi, modal itu penting tetapi sesuai kemampuan kita mengikuti usaha yang kita jalani,  jalani dengan apa adanya kemudian kita kembangkan dengan perlahan-lahan.
  • Ber-Iklan 
Berjualan online atau melalui media sosial, trafik adalah faktor utama yang harus mampu kita dapatkan. bagi seorang publik figur mungkin sangat mudah mendapatkan trafik ribuan bahkan bisa puluhan ribu walaupun hanya membuat story yang nyeleneh dan tak bernilai, tetapi bagi orang awam pasti sangat susah mendapatkan trafik ribuan dari apa yang post kan pada instastory kita.
Lalu bagaimana caranya? caranya adalah dengan cara kita beriklan dan memanfaatkan fitur yang di sediakan oleh app intagram itu sendiri.
pertama sekali masuk pada Beranda Instagram yang kita miliki, kemudian buka gambar Gerigi paling bawah sekali, lalu cari Tulisan Bisnis.
Dan, apabila anda telah mempunyai Facebook akan lebih mempermudah lagi untuk anda beriklan di Instagram karena jika anda telah mempuyai page pada halaman Facebook yang telah di tampilkan maka otomatis akan muncul di instagram jika tautan pada facebook di aktifkan.
Di butuhkan 1×24 jam iklan kita akan di proses, setelah itu kita akan bisa lihat produk kita menjangkau konsumen sesuai target yang telah kita tentukan. penting dan harus di ingat bahwa iklan akan tayang setelah  mengisi saldo pada akun Facebook  kita, bisa di transfer sesuai arahan pihak Facebook.

Baca Juga; Empat Quadrant Manusia

Selamat mencoba, semoga berhasil dan menjadi ilmu tambahan buat anda dan kita semua. bila ada kekurangan selebihnya minta maaf, ilmu ini bisa anda prakte-kan bukan untuk bacaan saja. jika mempunyai pertanyaan seputar topik ini, silahkan tulis di kolom komentar di bawah,, terima kasih.