Tips Melamar Pekerjaan (Interview)

Diposting pada
  

Hampir setiap tahun di belahan negara, para pencari kerja cenderung meningkat, dan biasanya tiap perusahaan menetapkan standar yang tinggi untuk memilih calon karyawannya. selain karena banyaknya para calon karyawan yang berlomba lomba mencari pekerjaan, bagi sebuah perusahaan ada nilai keuntungannya tersendiri untuk memilih karyawan yang terbaik di bidangnya.

Bagi calon karyawan interview adalah hal yang sangat krusial. karena biasanya kita melakukan kesalahan sedikit saja maka kesempatan bekerja terbuang sia sia. banyak faktor yang mempengaruhi seorang calon karyawan gagal di setiap interview nya, selain kurangnya persiapan kurangnya memahami pengalaman menjadikan kita kurang yakin dengan diri sendiri.
Tips melamar pekerjaan  atau interview di sebuah perusahaan agar sukses, dan bisa di terima;

   1. Tepat Waktu ( On Time )
Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga yang tidak bisa di ganti, atau di putarnya kembali,sedetik saja kita melewatkan waktu kita maka hasilnya akan berbeda. bagi seorang ( HRD ) Human Resources Department waktu adalah sesuatu yang sangat penting, tidak bisa di ganti ataupun menundanya. 
Jika anda ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tepat waktu adalah salah satu kunci untuk anda jika anda ingin mempunyai nilai yang baik, dan mendapatkan nilai positif dari seorang HRD. menghargai waktu adalah syarat yang selalu di terapkan oleh perusahaan yang mau berkembang, jadi anda harus siap keluar dengan kegagalan jika hari pertama saja melamar, waktunya sudah beratakan.
Seorang HRD sangat menyukai tipe orang yang tepat waktu, dan apalagi jika kita mampu datang lebih awal maka kesempatan lebih besar di bandingkan orang orang yang datangnya belakangan.
calon karyawan biasanya di nilai dari kedisiplinannya, bisa menghargai waktunya dengan baik, maka perusahaan akan percaya, dan akan menerima orang orang yang mampu berdisiplin.
Mempersiapkan waktu dengan baik saat akan memulai wawanaca penting sangat di perlukan, karena dengan kita mempunyai waktu yang cukup, maka konsentrasi kita akan bertambah, dan keyakinanpu akan semakin tinggi, karena biasanya kita mampu tenang dan lebih siap, untuk menjawab setiap pertanyaan yang di ajukan.
   2. Penampilan ( Appearance )

Bukan hanya model, atau artis yang mementingkan penampilan, tetapi bekerja di sebuah perusahaan yang berkompeten penampilan adalah hal yang harus di miliki oleh setiap karyawannya. bukan rupa yang di maksud tetapi penampilan dalam berpakaian.
Siapapun orangnya pasti menyukai kerapian bukan? dan tiada salahnya kita memerhatikan penampilan jika kita ingin berhasil untuk melamar pekerjaan. rapi belum tentu mahal bukan, yang paling penting kita bisa memadukan apa yang biasa kita pakai, baik baju, celana, maupun sepatu.
Tetapi, perlu di ingat ada sebagian orang yang alergi dengan wangi wangian, jadi pakailan parfum yang sekedarnya saja, jangan berlebihan.  biasanya sesuatu yang berlebihan akan memudaratkan, baik untuk orang lain maupun pada diri kita sendiri.
   3. Sikap ( Attitude )
Kebiasaan seseorang yang tidak baik sangat mengganggu orang lain dan orang di sekitarnya, terlebih  banyak sekali orang orang yang menganggap remeh orang lain tanpa bisa menghargai pendapat orang lain.
Jika kita ingin sukses melamar pekerjaan, sikap dan tutur kata sangat di perhatikan oleh HRD perusahaan,bagaimana kita berbicara dan tingakah laku kita apakah singkron atau tidak dengan apa yang kita ucapkan. jangan main main dengan perkataan, karena apa yang kita ucapkan semua di koreksi oleh HRD yang mewancarai kita.
Berbuat baik maka akan mendapatkan kebaikan, begitu juga sebaliknya, misalnya kita baru pertama kali masuk dan mau melamar kerja, tidak ada salahnya kita menyapa say Hallo atau semacamnya, misalkan interview di mulai pagi hari maka ucapkan selamat pagi, dan jika interview atau wawancara pertama kita di siang hari maka ucapkan selamat siang kepada HRD, 
Tetapi, tetap harus ingat jangan berlebihan, jangan sok akrab nanti akan berakibat fatal yang terjadi kita tidak akan bisa di terima oleh perusahaan tersebut, malah akan secepat mungkin kita di usir dari ruang wawancara. tunjukan bahasa yang sopan, dan gunakan bahasa yang mudah di pahami, tetapi bukan bahasa harian, bahasa nasional yang semua orang memahaminya.
Biasanya di setiap perusahan selalu ada aturan untuk menggunakan bahasa yang baik, maka belajarlah menggunakan bahasa dengan baik, sekalipun HRD yang mewancarai kita satu daerah atau satu suku, tapi tunjukan profesionalisme kita.
   4. Keterampilan ( Skill )

Pada point ke empat, bagaimana tips melamar pekerjaan, adalah menyampaikan keterampilan yang kita miliki. semakin banyak mempunyai keterampilan maka peluang anda di terima bekerja akan lebih besar. tunjukan kemampuan kita agar perusahaan yakin memilih anda untuk menangani devisi yang membutuhkan keterampilan kita. tetapi harus tetap ingat bahwa yang paling terpenting bekerja di sebuah perusahaan adalah kerja sebuah tim, bukan kita sendiri. harus bisa bekerja sama dengan orang lain, dan mampu beradaptasi dengan yang lainnya.
Perusahaan yang sukses selalu di tangan orang yang ahli di bidangnya, dan mempunyai kerjasama tim yang solid sehingga mampu membuat roda perusahaan berputar dengan baik. sebaik apapun skill atau keterampilan karyawan sebuah perusahan, tetapi tidak mempunyai tim yang solid maka perlahan perusahaan tidak akan mampu bertahan lama.
Untuk meyakinkan HRD, tonjolkan keterampilan yang kita miliki, jika posisi marketing yang di butuhkan tunjukan kemampuan anda, tunjukan salah satu jangan menunjukan semuanya,maka HRD akan fokus dengan skill yang anda miliki.
   5.Visi ( Vision)
Perusahaan yang baik selalu mempunyai tujuan yang berkepanjangan. selain memajukan perusahaan pasti mempunyai tujuan besar bagi banyak orang. apakan visi itu penting saat kita melamar pekerjaan?
YES!!! alias iya, visi seseorang selalu di pertanyakan oleh seorang HRD, selain ingin mengetahui kemampuan seseorang saat mewawancarai calon karyawan baru. seorang HRD nantinya punya bahan untuk bagaimana mengendalikan setiap orang, karena seorang HRD adalah orang yang di anggap bertanggung jawab mengelola sumber daya manusia di setiap perusahaan.
Semakin besar visi yang anda utarakan dan sampaikan maka akan semakin baik di hadapan HRD, dan akan sangat meyakinkan untuk anda, dan mengapa harus memilih anda bukan yang lainnya.
Setiap orang mempunyai visi yang berbeda beda, hanya saja keberuntungan atau faktor lain yang mampu membuat anda di terima bekerja, yakin dengan visi yang anda sampaikan, maka akan mempengaruhi, dan berfikir ulang mengapa harus memilih anda.
   6. Dedikasi ( Dedication )
Hebat belum tentu baik tetapi baik pasti hebat, itulah perbedaan yang sederhana tetapi sangat mempunyai makna. bekerja bukan hanya kita membuang waktu dengan menukar dengan uang, atau imbalan. tetapi bekerja adalah sebuah tanggung jawab yang besar yang harus di miliki oleh setiap karyawan.
Seorang karyawan yang baik adalah karyawan yang selalu bertanggung jawab atas tugas yang di berikan oleh perusahaan, baik untuk kepentingan bersama maupun untuk kepentingan perusahaan. dalam bekerja jangan pernah menganggap sebuah pekerjaan adalah sebuah permainan, tetapi adalah bentuk tanggung jawab yang besar, dan harus mempunyai laporan yang baik untuk sebuah perusahaan.
Pekerjaan adalah sebuah pengabdian, dimana kita yang mempunyai skill menggerakan sebuah roda yaitu perusahaan, jika kita selalu menganggap pekerjaan adalah hal yang sangat sulit maka sebaiknya jangan lah kita menjadi pekerja tetapi jadilah orang yang mampu mempekerjakan seorang karyawan.
Saat kita mengabdi dan bekerja dengan baik sebagai karyawan, percayalah bahwa suatu saat apa yang kita tanamkan akan menjadi hasil dan berbuah menis di kemudian hari, teruslah berkarya karena hsil karyamu tak akan hilang, tetapi akan selalu di kenang.
Dan kesimpulannya adalah, dari enam tips di atas semuanya penting tetapi sekurangnya kita mempunyai tiga modal di atas maka kemungkinan besar kita di terima saat melamar pekerjaan. yang paling penting adalah usaha dengan sebaik baiknya maka hasil akan menyusul di belakang kita.