Tujuan dan manfaat investasi untuk masa depan

Diposting pada

Sejak usia dini kita telah di ajarkan,tujuan dan manfaat investasi baik oleh orang tua,dan bahkan di sekolah kita telah di perkenalkan pentingnya berinvestasi.

Lalu, apa tujuan sebenarnya mengapa kita harus berinvestasi? Dan seberapa berpengaruh-nya investasi untuk menjaga kestabilan ekonomi. Investasi menjadi sangat penting untuk menjaga kestabilan ekonomi makro dan ekonomi mikro. Baik untuk kepentingan negara maupun kepentingan individu.

Ekonomi makro adalah;ekonomi yang di kelola oleh negara,dan badan keuangan yang di tunjuk oleh pemerintah. Menghitung nilai pendapatan dan pengeluaran suatu penduduknya,dengan tujuan mendapatkan statistik kemajuan dan perkembangan suatu negara.

Sedangkan ekonomi mikro yaitu;ekonomi yang di kelola oleh badan perseorangan bisa badan usaha atau anggaran rumah tangga suatu individu. Di rancang dengan tujuan pengelolaan keuangan baik jangka pendek,menengah,dan jangka panjang.

Oke,,, untuk arti yang lebih jelasnya tentang ekonomi makro dan mikro bisa survive dan menanyakan pada ahli ekonomi lah ya,, atau nanti kita akan bahas pada topik berikutnya.

Menurut sumber dari seluruh dunia melakukan penelitian pada negara maju seperti;AMERIKA,dan negara yang paling bahagia saat ini SELANDIA BARU, bahwa investasi merupakan salah satu prioritas yang harus di persiapkan sejak usia dini. Bahkan sebelum orang mengambil keputusan untuk menikah atau membina rumah tangga.

Mengapa investasi sangat penting?

Karena investasi merupakan salah satu faktor yang menjamin kebahagiaan sebuah ruang lingkup sebuah keluarga. Keluarga yang mempunyai keuangan sangat baik di pastikan hidupnya akan bahagia karena bagaimana pun,uang sangat di butuhkan untuk memenuhi kebutuhan.

Di bawah ini beberapa manfaat dan tujuan investasi yang harus anda tahu;

Melindungi aset dari inflasi

Oke,,, kita bahas tujuan investasi yang pertama yaitu ”melindungi aset dari inflasi ” . Setiap negara selalu mempunyai kondisi yang tidak menetap dalam keuangan,bisa di pengaruhi secara ekonomi maupun di pengaruhi politik pada suatu negara tersebut.

Mengapa harus berinvestasi? Salah satunya karena kita berperan penting menghambat inflasi suatu ekonomi,yang berdampak pada pengeluaran pada anggaran rumah tangga yang kita belanjakan.

Lalu apa yang di maksud dengan inflasi? 

Inflasi yaitu suatu proses dan cara meningkatnya harga-harga secara umum, atau berkelanjutan.berkaitan dengan mekanisme pasar global maupun nasional.Di pengaruhi oleh beberapa faktor,seperti meningkatnya daya konsumsi pada suatu barang. Atau bisa juga di pengaruhi berlebihnya likuiditas yang memicu daya konsumsi yang tinggi atau spekulasi. Bisa juga di pengaruhi melambatnya pendistribusian barang hingga tidak bisa sampai atau tepat waktu pada waktu yang di butuhkan.

Untuk tujuan yang pertama semoga anda sudah sedikit paham. Mengapa kita harus menjaga inflasi? Agar tidak merugikan kita semua,dan anggaran ekonomi yang kita miliki.

Berinvestasi untuk menyiapkan dana masa depan

Setiap orang pasti menginginkan masa depan yang baik,dan mempunyai keuangan yang baik. Terlebih saat kita memasuki masa-masa pensiun dan tidak lagi produktif dan mempunyai pekerjaan yang tetap.

Baca juga;
.Membangun aset untuk mempercepat kesuksesan
.Strategi membangun bisnis sampingan

Anda tentu sangat setuju ”Bahwa semakin bertambah-nya usia, maka semakin besar pula uang yang akan kita keluarkan untuk kebutuhan. Membayar tagihan seperti;listrik,air bersih,pajak kendaraan dan kebutuhan konsumsi lain-nya.

Mungkin kita sedang membiayai anak-anak kita untuk bersekolah,karena itulah investasi penting untuk di pikirkan. Mulailah investasi selama anda masih kuat bekerja dan masih mempunyai penghasilan. Jika kita mempunyai keuangan dan investasi yang terarah maka kita tidak akan kesulitan dalam keuangan.

Dengan memilih produk investasi yang jelas secara penghitungan hasil dan peluang keuntungan lebih cepat. Anda bisa memilih produk reksadana yang di tawarkan oleh lembaga yang mempunyai akses mengelola keuangan dengan baik. Bisa memulai dengan membeli produk pasar uang, saham campuran,saham pendapatan tetap atau bahkan bisa membeli saham jika anda berani dan telah memahami resiko di antara ke empat-nya.

Sebesar apapun penghasilan anda jika hanya untuk kebutuhan maka tidak akan pernah cukup. Akan tetapi sekecil apapun yang anda alokasikan untuk investasi maka dengan sendirinya akan menjadi besar  dan menguntungkan

Pikirkan jika anda belum berinvestasi,pelajari manfaat yang akan anda dapatkan setelah berinvestasi. Setelah Anda yakin manfaat pentingnya berinvestasi,segera investasi menurut keyakinan Anda.

Sebagai pasif income

Tujuan investasi berikutnya adalah;Untuk menambah nilai atau sebagai income” yang bisa anda manfaatkan”. Mungkin saat ini anda mulai investasi dengan nilai ratusan ribu saja. Akan tetapi jika Anda konsisten dengan apa yang anda lakukan,bukan tidak mungkin suatu hari anda akan menjadi orang yang banyak uang dan kaya raya.

Sepuluh tambah sepuluh maka hasilnya pasti dua puluh. Berbeda dengan hitungan investasi,biasanya investasi yang menawarkan produk investasi jangka panjang,semakin besar modal yang anda keluarjan,semakin besar keuntungan yang anda dapatkan.,Tergantung ketentuan yang di sepakati antara keduanya.

Apa itu pasif income?

Pasif income yaitu;penghasilan yang kita dapatkan tetapi tanpa melakukan pekerjaan pada umumnya. Dalam investasi pasif income yaitu hasil keuntungan yang di dapatkan dari modal yang kita setorkan kepada lembaga keuangan profesional,resmi dan di awasi badan keuangan terkait. Semakin besar uang yang kita setorkan maka akan semakin besar keuntungan yang kita dapatkan.

Dana darurat yang bisa di manfaatkan segera

Yang terakhir berinvestasi adalah untuk ” Dana darurat yang sewaktu-waktu bisa kita manfaatkan”. Kita tidak pernah tau dan kapan sakit. Tentunya saat kita terbaring sakit tidak bisa beraktifitas dan mempunyai produktifitas. Salah satu manfaat dari investasi yaitu;untuk dana darurat saat kita tidak mampu bekerja.

Saat kita mempunyai tabungan atau investasi, kita tidak perlu pusing memikirkan keuangan saat kita tidak bekerja. Ada aset yang bisa kita tarik dan ambil manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan.

Berinvestasilah selama anda masih berpenghasilan, besar dan kecil menurut kemampuan, bukan memaksakan. Semuanya harus tetap berjalan dengan normal,akan tetapi investasi harus menjadi prioritas jika masa depanmu ingin lebih baik dan mendapatkan ketenangan.

Kesimpulan

Tujuan berinvestasi adalah menyiapkan keuangan untuk kelangsungan masa depan berikutnya. Bermanfaat untuk keluarga,anak dan menyiapkan dana masa tua,agar tidak membebani siapapun orang di sekeliling kita.

Uang bukan segala tetapi dengan kita mempunyai keuangan yang baik,maka kehidupan akan berjalan lebih bahagia bila di bandingkan dengan orang yang tidak mempunyai investasi atau keuangan yang baik.

Baca juga;
.Empat cara membangun Mindset untuk sukses
.Perspektif sebuah kesuksesan